Tips memilih Modem yang baik

Modem USB Terbaik
Senang rasanya hati ini saat koneksi internet memakai modem USB cepat dan tanpa hambatan, namun terkadang kondisi seperti ini tidak kita dapatkan setiap hari. Ada kendala dimana saat sinyal operator tiba-tiba hilang atau melemah, sehingga koneksi internet yang kita punya jadi terganggu atau putus sama sekali. Nah terkait hal diatas, apa sih yag perlu diperhatikan agar koneksi modem USB GSM dan CDMA sobat bisa maksimal dan minim gangguan ?.
Cara memilih modem yang baik dan bagus adalah salah satu cara dimana kita dapat memperoleh kekuatan yang maksimal saat sinyal mampir di modem kita. Pilihan paket dari operator seluler yang juga mesti kita perhatikan saat akan membeli modem apa yang akan kita pakai, dan yang tak kalah penting adalah seberapa jauh jarak sobat dengan BTS yang ada di daerah sobat, apakah rumah sobat terlalu pelosok dan jauh dari jangkauan sinyal, lebih baiknya sobat baca ini dulu : Cara Memperkuat Sinyal Modem GSM & CDMA. Kembali ke topik, modem yang bagus dan baik buat kita apa sih, untuk mengetahui hal diatas ada baiknya sobat mempertimbangkan hal yang admin ulas dibawah ini :
1. Tentukan tipe koneksi terbaik di daerah sobat
Memilih koneksi internet, mengetahui tipe koneksi internet apa yang terbaik di tempat sobat sangatlah penting. Tak terbayang jika di tempat sobat koneksi internet mobile dengan Hp atau modem terbaik sobat adalah dengan jaringan CDMA / EVDO, namun modem yang sobat punya adalah modem GSM  dengan jaringan 3G dan HSDPA. Tentu sobat akan menyesal telah membeli modem GSM tersebut. Juga berlaku sebaliknya.
Bagaimana mengetahui cara tipe koneksi terbaik di tempat tinggal sobat ?. Cara mudah nya adalah dengan meminjam modem atau Hp rekan sobat yang berupa modem GSM 3G / HSDPA dan CDMA / EVDO. Atau kalau sobat sudah punya Hp yang mendukung 3G dan HSDPA atau Hp CDMA itu lebih bagus karena tidak perlu meminjam. Dan dapat dipakai lama sehingga bisa tahu koneksi lancar atau tersendat.
Selajutnya sobat lakukan pengujian dengan berbagai provider penyedia internet, contohnya untuk cara menguji internet unlimited dari INDOSAT gunakan paket internet dari kartu IM3 atau MENTARI, TELKOMSEL maupun XL serta Three atau AXIS atau kalau CDMA bisa pakai FLEXI, SmartFren, ESIA serta lainnya dan uji coba beberapa jam untuk mengetahui kualitas nya. Namun dari sekian banyak operator seluler tersebut pilihlah yang memakai based time, dengan begitu sobat tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk melakukan pengujian karena sobat cukup membeli paket internet based time yang sobat bayar per jam atau harian.
Bagaimana bila tidak ada modem GSM 3G / HSDPA ataupun CDMA / EVDO ?. Beberapa dari sobat akan terkendala dengan hal ini, namun ada solusi nya yaitu manfaatkan internet dengan bertanya pada orang - orang yang bertempat tinggal di sekitar sobat lewat forum – forum mengenai tipe koneksi yang mereka gunakan, nama provider yang mereka gunakan dan kualitas nya.
2. Cari informasi modem terbaik di jaringan tersebut di daerah sobat
Bila informasi pada poin 1 sudah sobat lakukan tentunya kini sobat sudah tahu mesti memakai koneksi internet tipe apa dan menggunakan provider apa. Misalnya sobat mendapatkan hasil bahwa koneksi internet CDMA / EVDO lah yang terbaik di daerah tempat tinggal sobat dengan menggunakan provider dari Smart. Maka cari lah modem CDMA / EVDO. Selalu usahakan agar modem sobat tidak LOCKED atau terkunci oleh operator, dengan begitu bila koneksi sobat suatu saat bermasalah sobat tetap dapat menggunakan modem untuk provider yang lain nya.
PENTING BAGI SOBAT ! Jangan melihat sebuah modem dari harga nya namun cek kualitas nya. Hal ini dapat dilakukan dengan bertanya pada orang lain mengenai kualitas modem tersebut seperti bagaimana kemampuan menangkap sinyal nya, apakah cepat panas atau tidak dan lain nya. cara memilih modem internet yang berkualitas yang tepat adalah modal utama untuk mendapatkan koneksi internet berkecapatan tinggi
3. Cari dan beli modem di tempat penjual modem USB terbaik di daerah sobat
Bila sobat sudah mendapatkan informasi mengenai jenis modem, tipe koneksi internet dan provider terbaik untuk daerah sobat  ini saat nya untuk berburu modem di penjual yang tepat agar sobat tidak dirugikan dan menyesal kemudian. Hal ini amat sangat penting bila sobat membeli sebuah modem dari penjual modem melalui internet. Namu jika ada toko komputer di dekat daerah sobat yang recomended lebih baik pergi kesana dan membeli modem disana, disamping itu jika membeli di toko offline kita bisa bikin perjanjian, jika rusak atau terkendala di modem bisa ditukarkan.
Semoga tiga cara penting diatas dapat memuaskan sobat dalam berselancar di dunia maya, meskipun hal remeh, namun poin diatas perlu dipertimbangkan dengan matang daripada sobat meyesal kemudian. Semoga cara diatas bisa sobat praktekkan dan sobat bisa menemukan sinyal apa sih yang terbaik di daerah saya ?. Setelah dipertimbangkan dan dipikir masak-masak akhirnya sobat mesti memutuskan dengan matang bahwa koneksi sobat terbaik pakai modem GSM atau modem CDMA. Selamat praktek dan semoga berguna, terima kasih.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah melihat-lihat isi blog yang acak-acakan ini, semoga bermanfaat, terimakasih:)